Ampo, camialan unik berbahan tanah

Di Dusun Traulan, Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, tanah tidak hanya sebagai bahan baku pembuatan gerabah atau barang lain yang bahan bakunya berasal dari tanah. Tetapi tanah di Dusun ini dijadikan sebuah makan untuk camialan yang disebut Ampo.

Menurut Ramani, pembuat ampo bahan bakunya hanya tanah dan tidak dicampur bahan lainnya. Pembuat ampo mengambil tanah dari tanah sawah. Tanah yang dipilih harus yang bersih, liat, dan tak berbatu. Proses pembuatannya sederhana sekali.

Tanah yang masih gembur tersebut kemudain dipadatkan, Setelah padat, tanah dikeruk dengan sebilah bamboo yang salah satu sisinya dipertajam. Agar bisa dikeruk, kelembapan tanah tersebut harus dijaga. Kerukan tadi berupa lempengan tipisberbentuk gulungan yang kemusian ditempatkan di para – para bamboo. Para – para itulah yang kemusian dipanaskan.

Untuk menghasilkan ampo yang enak, gurih, dan tidak pahit, pemanasanya harus memakai asap. Karena itu, selama memasak ampo, pembuat ampo menjaga perapian agar tidak menyala, melainkan terus berasap.

Ampo, menurut dia tidak hanya dikomsumsi sejumlah masyarakat untuk camilan. “Ada yang makan jajan itu untuk obat.”

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan ampo, seperti gatal – gatal dan panas. Kalu ampo digunakan sebagai obat tidak dimakan layaknya camilan, melainkan direndam dalam air dan air tersebut yang diminum sebagai obatnya. Jawapos/20122007/*

10 Komentar

Filed under Makanan, Pengetahuan, Unik

10 responses to “Ampo, camialan unik berbahan tanah

  1. fitria

    ampo tu enak banget.. gw sering banget makan ampo.. kl ada sdr gw yg plg kampung, gw pasti minta d bawain oleh2 ampo.. d kampung gw ampo tu masih banyak d jual d pasar.. d sana ga susah nyari ampo.. pokoknya ampo tu bener2 enak bgt dech.. gw yakin bgt kl lo dah nyobain s’x pasti lo ketagihan.. d sana yg jual ampo d tukang yg jual kembang.. kampung gw d daerah jawa tengah, yaitu solo..

  2. ampo tU???????????????????
    rsa`y kyk cokLat,ehm bgi aq cE` hEhEhE……………………………………………….!!!!
    Pkok`y EnK bgt dueH. Lo km mao cbaiin ajH??biaZa`y cE` bnyak d`juaL d`psar2 tmpt aq tnggaL.
    Ehm……sbut ajH. kota soLo!!!!Lo k`soLo jngan Lpa mmpir yaW?????????
    Aq tnggaL d`desa ngReco,wEru,sUkoharjo.
    pZti Lo km…km pda mmpir ntar aq sEdiain AMPO decH……!!!!!!!!!!!!
    kta`y cE` Jg bnyak d`juaL D`PSAR2 Jkarta??aq jg bru mo nyari.biZ ge pngen bgt nicH!!!!!!
    ato ga aq jUaLan ampo d`jkarta ajH. yaW hehEhE…….!!!!
    bELi yacHHHHHHHHHHHHHHHHH.

  3. u`Uh, t`nyata ampO d`jakarta tU ga s`eNak ampO d`soLo!!!!!
    kmarEn aq nyOba bLi d`psar gEmbrong cEmpaka pUtih.
    t`nyata ampo`y ga eNk+wrNa`y tU bda ma ampo yg aq bLi d`soLo..
    nyEbeLin…..nyEbeLin…….nyEbeLin……!!!!!!

  4. ampo d jkt s’bnrnya enak juga koq.. tapi jgn langsung d makan pas udah d beli krn ada bau jamu’nya.. lama2 rasa ampo’nya sama koq kaya’ yg biasa aq beli d solo.. cma d jkt susah bgt nyarinya.. kmrn az dah 2 pasar yg d datengin.. s’x nya dpt warnanya beda.. tapi enak juga koq.. kl pada pengen tau rasa ampo beli az d pasar gembrong daerah cempaka putih.. ntar lo pasti tau dech rasa ampo tuh seperti apa???????????.. kl lo2 pd tggl d daerah itu, coba az lo beli k pasar & nikmati keharuman amponya..

  5. fitria

    lagi pengen banget makan ampo nich…!!!!!!!!!
    dah b’x2 k pasar s’lalu az bilangnya blm belanja………
    padahal khan gw lagi pengen bgt… koq susah bgt ych nyari ampo d jakarta….
    kl d kampung gw ga susah koq nyari ampo… d sana byk bgt yang jual… d sini bener2 susah bgt nyari ampo..
    gw jadi bingung harus nyari k mana lagi… s’brnya sich kemaren gw nitip sama sdr gw cma smp skrg ampo’nya blm smp jkt msh d sukabumi……..
    d jkt d mana lagi yg ada org jual ampo…????????
    kasih tau gw kl ada info yg jual ampo………..???????????????????????
    hub gw d no 021-9461-8778…
    gw tunggu loh……..!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. fitria

    gw pengen ampo nich…….
    beliiin donk……
    ampo….. ampoooooo…….
    skrg ni gw lg pengen ampo….

  7. fitria

    ampo……
    skrg ni gw lg pgn bgt makan ampo…
    d jkt…..d mana yach yg banyak jual ampo…
    soalnya d tempat gw susah2 gampang sich nyari ampo…
    kl ada yg tau kasih tau gw donk…..
    gw pengen banget ampo nich….
    kl gw harus nunggu org yg plg dr kmpg k’lamaan…
    s’dngkan gw pengennya skrg…
    kl lo2 pd tau kirim comment ke sni az… oke…!!!!!!
    gw yunggu comment dr lo2 smua yg tau tentang ampo itu d jual….

  8. fitria

    gw skrg ni lg banyak ampo….
    kl lo2 semua pengen nyobain ampo dtg az k rmh gw…
    stock gw masih banyak bgt nich… sampai bingung ngabisinnya…
    kmrn ponakan gw dtg cuma nganterin ampo, dy banyak bgt bawa’nya…
    itu juga ngambilnya d sukabumi… jauh bgt khan…
    ayo siapa yang mau coba ampo….

  9. linda

    mbak fitri , masih punya ampo nggak sekarang….? aku lagi pengen nich…. dah dikirimin dari solo , tapi masih kurang , nunggu kiriman lagi kelamaan. kalau punya bagi dong, ntar aku ganti deh ongkosnya…

Tinggalkan komentar